Breaking News

Recent Posts:

3 Organisasi/Partai Politik Awal Di Indonesia (Spesial Hari Merdeka)

Sebuah partai politik adalah organisasi politik yang menjalani ideologi tertentu atau dibentuk dengan tujuan khusus. Definisi lainnya adalah kelompok yang terorganisir yang anggota-anggotanya mempunyai orientasi, nilai-nilai, dan cita-cita yang sama. Tujuan kelompok ini ialah untuk memperoleh kekuasaan politik dan merebut kedudukan politik - (biasanya) dengan cara konstitusionil - untuk melaksanakan kebijakan-kebijakan mereka, guys.

Tapi di indonesia partai apa saja sih yang pertama di bentuk..?, jadi NAF akna beritahu jawabanyan oke, tapi lewat artikel dibawah ini ya...!

3 Partai Awal Di Indonesia
1. Sarekat Islam

Pada awalnya organisasi ini bernama Sarekat Dagang Islam dan hanya berisi para pedagang islam di indonesia, dan tujuan awal organisasi ini adalah untuk menyaingi pedagang-pedagang luar yang datang, namun anggota organisasi ini sangatlah sedikit karena hanya terdiri dari para pedagang islam.

akhirnya Sarekat Dagang Islam berganti nama menjadi Sarekat Islam agar anggota organisasi ini semakin banyak, dan mengubah tujuanya menjadi mensejahtekan umat islam di nusantara, namun lambat laut Sarekat Islam juga masuk di dunia perpolitikan.

2. Budi Utomo

Budi utomo pada awalnya adalah sebuah gagasan dan bukan partai ataupun organisasi politik, yang bertujuan membiayayai para pemuda untuk membiayayai para pemuda untuk menuntut ilmu.

Dan lambat laut Budi Utomo menjadi sebuah organisasi, walau tak mencampuri dunia politik, namun golongan muda berfikir bahwa sudah saatnya Budi Utomo bergabung degan dunia politik tapi golongan tua menolak sehinggan Budi Utomo terbagi menyadi 2 golongan, dan akhirnya golongan muda keluar dan membuat Organisasi baru yang bernama Indische Partij.

Walau Budi Utomo telah memutuskan agar tidak masuk ke dunia politik, namun mau tidak mau Budi Utom harus masuk ke dunia politik.

3. Indische Partij

Indische partij adalah sebuah organisasi politik untuk orang-orang indonesia dan eropa di indonesia, dan organisasi ini dirikan oleh 3 serangkai anggota indische partij kebanyakan dari bekas budi utomo yang ingin bergabung di dunia politik, dan kebanyakan berasal dari kaum muda.

Selain itu juga disadari betapa pun baiknya usaha yang dibangun oleh orang Indonesia, tidak akan mendapat tanggapan rakyat tanpa adanya bantuan orang-orang bumiputera. Perlu diketahui bahwa E.F.E. Douwes Dekker dilahirkan dari keturunan campuran, ayah Belanda, ibu seorang Indonesia. Indische Partij merupakan satu-satunya organisasi pergerakan yang secara terang-terangan bergerak di bidang politik dan ingin mencapai Indonesia merdeka.

Dan itulah 3 Organisasi/Partai Politik Awal Di Indonesia dan sepatutnya kita bersyukur karena kita hidup di masa saat dunia telah damai, walau ada sebagian negara yang masih berperang.

No comments